Bagaimana cara setting DHCP pada Linux openSUSE ?

cara setting DHCP pada Linux openSUSE . oke sobat.. setelah sebelumnya telah kita ketahui dari pengertian DHCP dan juga telah kita mengerti macam-macam DHCP . kali ini akan kita bahas setting DHCP yaitu setting DHCP pada Linux openSUSE. Langsung saja deh berikut ini langkah-langkah setting DHCP pada Linux openSUSE

1. Buka YAST. Masukkan password root jika login sebagai user normal

2. Pilih menu Software | Software Management

3. Padapilihan filter, pilih Pattern

4. Pilih DHCP & DNS Server. Berikan tanda centang pada pilihan yang ada

5. Klik Accept dan tunggu hingga instalasi selesai
6. Tutup YAST

KONFIGURASI
1. Buka YAST
2. Pilih menu Network Service | DHCP Server


3. Jika ada konfirmasi penggunaan K network manager, klik Continue
4. Pada wizard pertama, tentukan Network Card yang dijadikan sebagai jalu pemberian IP melalui DHCP. Pilih network card dan klik tombol Selec. Klik Next.




5. Pada wizard kedua, tentukannama domain, alamat name server, gateway dll. Setelah selesai, klik Next.


6. Pada wizard ketiga, tentukanAlokasi IP Addres yang akandiberikan. Misalny, jika kita sudah memiliki cadangan IP statik (untuk keperluan server, Access Point dll) dari IP 192.168.0.1-192.168.0.100, maka kita bisa mendefinisikan IP Range 192.168.0.101-192.168.0.254

7. Terakhir, pilihapakah DHCP Server diaktifkan secara otomatis saat booting atau kah dijalankan secara manual. Untuk server sebaiknya tentukan agar berjalan secara otomatis pada saat booting.

Coba test salah satu klien untuk menggunakan IP DHCP dan check apakah DHCP Server mampu meresponnya dengan memberikan alokasi IP Address.

Yupsz... Demikianlah langkah-langkah setting DHCP pada Linux openSUSE. Semoga bermanfaat buat sobat semua