Perbedaan Antara Fungsi Otak Kanan dan Otak Kiri

Fungsi Otak Kanan dan Otak Kiri
Fungsi Otak Kanan dan Otak Kiri, Pernahkah kita mendengar kalau otak kita terbagi menjadi 2 yaitu otak kanan dan otak kiri. Sebelum kita bahas dari otak kanan dan otak kiri perlu kita ketahui bahwa Manusia memiliki Otak besar yg dalma bahasa ilmiahnya disebut cerebrum dan Otak Kecil (Cerebellum). Dibagian Otak besar inilah otak kanan dan otak kiri kita berada. Disinilah tempat mengolah dan memproses semua kegiatan intelektual, seperti kemampuan berpikir, mengingat, kemampuan dalam penalaran, membayangkan, dan juga merencanakan program. Otak besar terbagi atas belahan kiri dan belahan kanan, atau sering kita sebut Otak Kiri dan Otak Kanan dan memiliki fungsi yang berbeda pula. otak kiri merupakan bagian yang memproses semua kegiatan intelektual, seperti kemampuan berpikir, penalaran, mengingat, membayangkan, serta merencanakan masa depan.

Perbedaan Fungsi Otak Kanan dan Otak Kiri akan membentuk sifat, karakteristik dan kemampuan yang berbeda pada seseorang. Perbedaan teori fungsi otak kiri dan otak kanan ini telah populer sejak tahun 1960an, dari hasil penelitian Roger Sperry.

Apa Fungsi Otak kiri ?
Otak kiri berperan dalam hal yang berhubungan dengan logika, rasio, kemampuan menulis dan membaca, atau merupakan pusat matematika manusia. Mungkin kita akan berpendapat jika seseorang pandai dalam hal yang berhubungan dengan logika seperti pandai eksakta atau ilmu matematis, sangat detail dalam menyusun rencana dan sebagainya, maka otak kirilah yang lebih dominan. Beberapa pakar telah menyebutkan bahwa otak kiri merupakan pusat Intelligence Quotient (IQ) seseorang.

Apa Fungsi Otak Kanan ?
Sedangkan apa sih fungsi dari Otak kanan ?. Otak kanan Berperanan dalam fungsi perkembangan Emotional Quotient (EQ) seseorang. Jika anda cenderung memiliki bakat yang unik (dalam arti kreativitas jiwa) seperti dan lainya mungkin peranan dari Otak Kanan anda yang baik dan kuat. Otak kanan merupakan pusat kemampuan intuitif, penghayatan, kemampuan merasakan, memadukan, dan ekspresi tubuh, bakat seseorang seperti menyanyi, menari, melukis dan hal kreatif lainnya. Otak kanan juga akan mempengaruhi seseorang dalam hal yang bersifat perasaan (intuisi) hal sosialisasi, komunikasi, interaksi dengan manusia lain serta pengendalian emosi.

Perbedaan Antara Orang BerOtak Kiri dan Orang BerOtak Kanan
Dari ulasan diatas tetu dapat kita simpul jika keduanya memiliki fungsi berbeda. begitupun pada diri kita masing-masing apabila otak kita dominan dikiri dengan seseorang yg pola hidupnya dominan dengan otak kanan maka akan berbeda pula. Orang yang dominan otak kirinya, pandai melakukan analisa dan proses pemikiran logis, namun kurang pandai dalam hubungan sosial. Mereka juga cenderung memiliki telinga kanan lebih tajam, kaki dan tangan kanannya juga lebih tajam daripada tangan dan kaki kirinya. Sedangkan orang yang dominan otak kanannya bisa jadi adalah orang yang pandai bergaul, namun mengalami kesulitan dalam belajar hal-hal yang teknis.

Lalu Manakah Yang Lebih Penting Antara Otak Kanan dan Otak Kiri ?
Keduanya sangatlah penting dalm kehidupan. Hanya saja dalam masa pendidikan/sekolah dasar sampai menengah yang lebih terlihat penting adalah otak kiri. karena apa, tak heran jika seorang murid yg pandai matematik dengan seorang murid yg pandai musik/tari lebih disanjung lingkunganya (dalm artian teman-teman dan para guru). Idealnya, otak kiri dan otak kanan haruslah seimbang dan semuanya berfungsi secara optimal. Orang yang otak kanan dan otak kirinya seimbang, maka dia bisa menjadi orang yang cerdas sekaligus pandai bergaul atau bersosialisasi.

Demikianlah Sedikit yang penulis ketahui dari membaca beberapa artikel yang membahas tentang Perbedaan Fungsi Otak Kanan dan Otak Kiri yang saya tulis kembali dengan gaya bahasa pribadi penulis. semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan anda tentang Perbedaan Antara Fungsi Otak Kanan dan Otak Kiri.