Array Menampilkan Rangking dengan C/C++ (SRUKTUR DATA)

Array Pada Pemrogaman C/C++, kemballi lagi nih sobat kita membahas pemrogaman C/C++ dengan implementasinya mata kuliah Struktur data. Dari artikel sebelumnya telah ita bahas Progam Input Output Array 2 Dimensi C/C++ (Struktur Data) dan juga Progam Array Dua Dimensi C/C++. Pada pembahasan artikel kali ini kita akan membuat progam rangking dengan Array.
Langkah percobaan:
1. Membuat File Header dan melakukan pendefaultan dengan #define Maks.
2. Membuat elemen array satu dimensi.
3. Membuat logika looping seperti berikut :
For (a=0;a<nil;a++){
rangking[a]=1;
for (b=0; b<nil; b++)
4. Melakukan pengurutan data dengan logika seperti berikut, jika nilai terbesar maka mendapat peringkat pertama.
if (nilai[a]<nilai[b])
rangking[a]++;

Source code program Array Menampilkan rangking C/C++ (SRUKTUR DATA)
#include<stdio.h>
#include<conio.h>
#define nil 9
main()
{
printf("Nama\t : Sugeng Siswanto \n");
printf("NPM\t : 1412110152 \n");
printf("Angkatan : 2011 B\n");
int nilai[]={56, 78, 43, 96, 67, 83, 51,74, 32};
int rank[nil];
int sg152, b;

for(sg152=0; sg152<nil; sg152++){
rank[sg152]=1;
for(b=0; b<nil; b++){
if(nilai[sg152]>nilai[b]){
rank[sg152]++;
}
}
}
printf("Nilai Ujian\t Rangking\n");
for(sg152=0; sg152<nil; sg152++)
printf("%d\t\t %d\n",nilai[sg152], rank[sg152]);
getch();
}

Output Progam Menampilkan rangking C/C++ (SRUKTUR DATA)
progam Array Menampilkan Rangking dengan C/C++


Keterangan program:
a. Yang pertama terdapat #include <iostream.h> Merupakan statement praprosesor, disebut juga pengarah compiler karena berfungsi mengatur proses kompilasi. “iostream.h” merupakan header file yang mengandung deklarasi kelas yang diperlukan oleh objek cout.
b. Selanjutnya terdapat void main() yang merupakan titik awal dan titik akhir eksekusi program. Tanda { diawal fungsi merupakan tubuh fungsi dan sekaligus awal eksekusi program, sedangkan tanda } di akhir fungsi merupakan akhir tubuh fungsi dan sekaligus adalah akhir eksekusi program.
i. Terdapat deklarasi nilai data, yaitu int data[9][2]={{56,4},{78,7},{43,2},{86,9},{67,5},{83,8},{51,3},{74,6},{32,1}}; yang artinya nilai data terdiri dari 9 baris dan 2 kolom yang masing – masing sudah terdapat inisialisasi nilainya.
c. cout<<"Nilai Ujian\tRangking"<<endl; untuk menampilkan nilai ujian dan rangking ke layar.
d. Dibawahnya terdapat dua perulangan, masing – masing untuk nilai x dan y. yang pertama yaitu for(int x=0; x<9; x++); yang artinya nilai awal x adalah 0, baris x kurang dari 9, dan kenaikan nilai x adalah 1. Sebelum Perulangan yang kedua terlebih dahulu ketikkan kurung kurawal buka ({) untuk memulai perulangan kolom yang ada dibawahnya yaitu for(int y=0; y<2; y++); yang artinya nilai awal y adalah 0, kolom y kurang dari 2, dan kenaikan nilai y adalah 1.
e. Cout << data[x][y]<<”\t\t”; untuk menampilkan nilai data x dan y ke layar. Kemudian akhiri dengan kurung kurawal tutup (}).
f. Cout <<endl, untuk mengakhiri tampilan.

Yups.. Demikianlah Pembahasan Progam Array Pada C/C++ pada Struktur data kali ini. Semoga bermanfaat buat sahabat semua. Simak juga materi struktur data berikutnya yaitu Progam Stack Inputan C/C++ (Struktur Data)