Proses Merubah Bilangan Desimal KeBiner dengan For C/C++

Progam Merubah Bilangan Desimal KeBiner dengan Perulangan For C/C++, Balik lagi ni sobat kita belajar Pemrogaman C/C++. Dari kemarin sudah kita bahas:

Menampilkan Deret Ganjil Genap Dengan Switch Case C/C++
Progam Pangkat Kuadrat dengan C/C++
Progam Konverter Huruf Dengan C/C++

Oke.. kali ini kita bahas Progam Merubah Bilangan Desimal KeBiner dengan For C/C++. sebelumnya perlu kita ketahui Sistem bilangan desimal/persepuluhan adalah sistem bilangan yang menggunakan 10 macam angka dari 0,1, sampai 9. Setelah angka 9, angka berikutnya adalah 1 0, 1 1, dan seterusnya (posisi di angka 9 diganti dengan angka 0, 1, 2, .. 9 lagi, tetapi angka di depannya dinaikkan menjadi 1). sistem bilangan desimal ditemukan oleh Al-Kashi,ilmuwan persia Sistem bilangan desimal sering dikenal sebagai sistem bilangan berbasis 10, karena tiap angka desimal menggunakan basis (radix) 10, seperti yang terlihat dalam contohnya:
angka desimal 123 = 1*102 + 2*101 + 3*100
Bilangan Desimal KeBiner dengan For C/C++
Sedangkan untuk pengertian Sistem bilangan biner atau sistem bilangan basis dua adalah sebuah sistem penulisan angka dengan menggunakan dua simbol yaitu 0 dan 1. Sistem bilangan biner modern ditemukan oleh Gottfried Wilhelm Leibniz pada abad ke-17. Sistem bilangan ini merupakan dasar dari semua sistem bilangan berbasis digital. Dari sistem biner, kita dapat mengkonversinya ke sistem bilangan Oktal atau Hexadesimal. Sistem ini juga dapat kita sebut dengan istilah bit, atau Binary Digit. Pengelompokan biner dalam komputer selalu berjumlah 8, dengan istilah 1 Byte/bita. Dalam istilah komputer, 1 Byte = 8 bit. Kode-kode rancang bangun komputer, seperti ASCII, American Standard Code for Information Interchange menggunakan sistem peng-kode-an 1 Byte.

20=1

21=2

22=4

23=8

24=16

25=32

26=64

dst

Setelah kita tahu dasar-dasar dari pengertian Bilangan desimal dan biner, yuks kita Coding sobat.. langsung aja ini saya kasih scriptnnya
Script Progam Proses Merubah Bilangan Desimal KeBiner dengan Perulangan For C/C++
#include<stdio.h>
#include<math.h>
#include<conio.h>
main()
{
int hasil;
int bil;
int biner;
int sugeng,j;
int a[8];

printf("Masukkan bilangan desimal = ");
scanf("%d", &bil);
printf("\n");
printf("Looping Ke = Proses mod = Sisa = Hasil = \n");

for(sugeng=bil;sugeng>=0;sugeng--)
{
for(j=0;j<8;j++)
{
hasil=bil%2;
biner=bil/2;
printf("%d %16d mod 2 %7d",j,bil,hasil);
bil=floor(biner);
printf("%10d\n",bil);
sugeng=bil;
a[j]=hasil;
}
}

printf("\nHasil konversi biner bawah ke atas = ");

for(j=7;j>=0;j--)
{
printf("%d", a[j]);
}

getch();
}
Silahkan disalin di tools editor pemrogaman Sobat..kemudain dicompile dah..smg berhasil.