Program Rekursif Menghitung Rumus Bangun Ruang Struktur Data

Rekursife adalah function yang memanggil fungsi itu sendiri. Rekursife sangat memudahkan untuk memecahkan permasalahan yang kompleks. Setelah Sebelumnya telah kita selesaikan Segitiga pascal menggunakan fungsi recursive Struktur Data kali ini akan kita lanjutkan dengan membuat Program Rekursif Menghitung Rumus Bangun Ruang Struktur Data.
oke langsung saja berikut ;
Script Program Rekursif Menghitung Rumus Bangun Ruang Struktur Data
#include <iostream.h>
#include <conio.h>
#include <stdlib.h>
void main()
{
int S152;
float Lsegitiga,Ksegitiga,Lpersegi,Kpersegi,Lpersegipanjang,Kpersegipanjang,Llingkaran,Klingkaran,Vkubus,LPkubus,Vbalok,LPbalok,Vbola,LPbola,Vlimassegiempat,LPlimassegiempat,Vtabung,LPtabung ;
float U152, G152, E152, N152, I152, W152, phi,sAB,sBC,sCA;
char ulang;
do {
cout<<"*Sugeng Siswanto - 1412110104*"<<endl;
cout<<"======================================================"<<endl;
cout<<"Menu Utama"<<endl;
cout<<"1. Menghitung Luas & Keliling Segitiga"<<endl;
cout<<"2. Menghitung Luas & Keliling Bujursangkar"<<endl;
cout<<"3. Menghitung Luas & Keliling Persegipanjang"<<endl;
cout<<"4. Menghitung Luas & Keliling Lingkaran"<<endl;
cout<<"5. Menghitung Volum & Luas Permukaan Kubus"<<endl;
cout<<"6. Menghitung Volum & Luas Permukaan Balok"<<endl;
cout<<"7. Menghitung Volum & Luas Permukaan Bola"<<endl;
cout<<"8. Menghitung Volum & Luas Permukaan Limas Segi Empat"<<endl;
cout<<"9. Menghitung Volum & Luas Permukaan Tabung"<<endl;
cout<<"10. Exit"<<endl;
cout<<endl<<endl;
cout<<"Pilihan anda : ";cin>>S152;
switch (S152) {
case 1 :
cout<<"Menghitung Luas Segitiga"<<endl;
cout<<"Menghitung Keliling Segitiga"<<endl;
cout<<"Masukkan alas segitiga : ";cin>>U152;
cout<<"Masukkan tinggi segitiga : ";cin>>G152;
cout<<"Masukkan sisi AB segitiga : ";cin>>sAB;
cout<<"Masukkan sisi BC segitiga : ";cin>>sBC;
cout<<"Masukkan sisi CA segitiga : ";cin>>sCA;
Lsegitiga = 0.5*U152*G152;
Ksegitiga = sAB+sBC+sCA;
cout<<"Luas segitiga adalah : "<<Lsegitiga<<endl;
cout<<"Keliling segitiga adalah : "<<Ksegitiga<<endl;
break;
case 2 :
cout<<"Menghitung Luas Bujursangkar"<<endl;
cout<<"Menghitung Keliling Bujursangkar"<<endl;
cout<<"Masukkan sisi persegi : ";cin>>E152;
Lpersegi = E152*E152;
Kpersegi = 4*E152;
cout<<"Luas bujursangkar : "<<Lpersegi<<endl;
cout<<"Keliling bujursangkar : "<<Kpersegi<<endl;
break;
case 3 :
cout<<"Menghitung Luas Persegipanjang"<<endl;
cout<<"Menghitung Keliling Persegipanjang"<<endl;
cout<<"Masukkan panjang : ";cin>>N152;
cout<<"Masukkan lebar : ";cin>>I152;
Lpersegipanjang = N152*I152;
Kpersegipanjang = (N152+I152)*2;
cout<<"Luas Persegipnjng: "<<Lpersegipanjang<<endl;
cout<<"Keliling Persegipnjng: "<<Kpersegipanjang<<endl;
break;
case 4 :
cout<<"Menghitung Luas Lingkaran"<<endl;
cout<<"Menghitung Keliling Lingkaran"<<endl;
cout<<"Masukkan jari-jari lingkaran : ";cin>>W152;
phi = 3.14;
Llingkaran = phi*W152*W152;
Klingkaran = phi*(W152+W152);
cout<<"Luas lingkaran adalah : "<<Llingkaran<<endl;
cout<<"Keliling lingkaran adalah : "<<Klingkaran<<endl;
break;
case 5 :
cout<<"Menghitung Volum Kubus"<<endl;
cout<<"Menghitung Luas Permukaan Kubus"<<endl;
cout<<"Masukkan sisi kubus : ";cin>>E152;
Vkubus = E152*E152*E152;
LPkubus = 6*E152;
cout<<"Volum kubus adalah : "<<Vkubus<<endl;
cout<<"Luas permukaan kubus adalah : "<<LPkubus<<endl;
break;
case 6 :
cout<<"Menghitung Volum Balok"<<endl;
cout<<"Menghitung Luas Permukaan Balok"<<endl;
cout<<"Masukkan panjang balok : ";cin>>N152;
cout<<"Masukkan lebar balok : ";cin>>I152;
cout<<"Masukkan tinggi balok : ";cin>>G152;
Vbalok = N152*I152*G152;
LPbalok = (2*N152*I152)+(2*N152*G152)+(2*I152*G152);
cout<<"Volum balok adalah : "<<Vbalok<<endl;
cout<<"Luas permukaan balok adalah : "<<LPbalok<<endl;
break;
case 7 :
cout<<"Menghitung Volum Bola"<<endl;
cout<<"Menghitung Luas Permukaan Bola"<<endl;
cout<<"Masukkan jari jari bola : ";cin>>W152;
cout<<"Masukkan tinggi bola : ";cin>>G152;
phi = 3.14;
Vbola = 4/3*phi*W152*G152*G152*G152;
LPbola = 4*phi*W152*W152;
cout<<"Volum bola adalah : "<<Vbola<<endl;
cout<<"Luas permukaan bola adalah : "<<LPbola<<endl;
break;
case 8 :
cout<<"Menghitung Volum Limas Segi Empat"<<endl;
cout<<"Menghitung Luas Permukaan Limas Segi Empat"<<endl;
cout<<"Masukkan panjang limas segi empat : ";cin>>N152;
cout<<"Masukkan lebar limas segi empat : ";cin>>I152;
cout<<"Masukkan tinggi limas segi empat : ";cin>>G152;
Vlimassegiempat = (N152*I152*G152)*1/3;
LPlimassegiempat = ((N152+I152)*G152)+(N152*I152);
cout<<"Volum limas segi empat adalah : "<<Vlimassegiempat<<endl;
cout<<"Luas permukaan limas segi empat adalah : "<<LPlimassegiempat<<endl;
break;
case 9 :
cout<<"Menghitung Volum Tabung"<<endl;
cout<<"Menghitung Luas Permukaan Tabung"<<endl;
cout<<"Masukkan jari jari tabung : ";cin>>W152;
cout<<"Masukkan tinggi tabung : ";cin>>G152;
phi = 3.14;
Vtabung = phi*W152*W152*G152;
LPtabung = (2*phi*W152)*(W152*G152);
cout<<"Volum tabung adalah : "<<Vtabung<<endl;
cout<<"Luas permukaan tabung adalah : "<<LPtabung<<endl;
break;
case 10 :
exit(0);
break;
default:
cout<<"Menu tidak tersediaĆ¢?¦"<<endl;
break; }
cout<<"Kembali ke Menu Utama (y/n)?\n";cin>>ulang;
}while(ulang == 'y' || ulang=='Y');
exit(0);
}


Output Program Rekursif Menghitung Rumus Bangun Ruang Struktur Data
Menghitung Rumus Bangun Ruang  fungsi recursive struktur data