Pengertian dari DHCP message DHCPDISCOVER, DHCPOFFER, DHCPREQUEST, DHCPACK, DHCPNACK, DHCPDECLINE, DHCPRELEASE, DHCPINFORM?

Lanjut Lagi sobat pembahasan tentang DHCP setelah sebelumnya telah kita ketahui Apa itu DHCP (Dynamic Host Configuration Protocol) ? .Saat ini akan kita bahas macam-macam DHCP message dan pengertianya.

langkah atau steps DHCP

1. DHCPDISCOVER
Adalah Client broadcast untukmenemukan server DHCP lokal.

2. DHCPOFFER  
 Sebagaijawaban DHCPDISCOVER client dan server yang dapatmelayanipermintaanoperasi, mengirim DHCPOFFER pada klien dengan sekumpulan parameter.

3. DHCPREQUEST
Sebagaijawabandari DHCPOFFER server, client mengirimtawaran DHCPREQUEST ke “pemenang”.

4. DHCPACK 
Sebagaijawabandari DHCPREQUEST client DHCPNACK

5. DHCPNACK
Jikaklienmeminta (denganpesan DHCPREQUEST) alamat yang salah, kadaluwarsa, atau yang lainnya yang tidak dapat diterima, maka server mengirim DHCPNAK keklien untuk memberitahu bahwa ia tidak dapat memperoleh alamat tersebut. ‘NACK” dalam hal ini kependekan dari “negative acknowledge”. Opsi Message Type dikodekan ‘5.

6.DHCPDECLINE
Jika klien menerima alamat yang diminta, dan secara berturutan menemukan bahwa alamat itu telah digunakan ditempat lain dalam jaringan, ia harus mengirim DHCPDECLINE ke server. Klien mungkin mencoba mengirim suara kealamat. Jika ada jawaban berarti ada orang yang menggunakan alamat server. Opsi Message Type dikodekan ‘4’ .

7. DHCPRELEASE
Jikaklientidaklagiperlumenggunakanalamat yang ditunjuksecaradinamis, iaharusmengirimpesan DHCPRELEASE ke server supaya server mengetahuibahwaalamattidaklagidigunakan. Tidaksemuaklien DHCP melakukan hal ini karena merupakan pilihan teknis. Opsi Message Type dikodekan ‘7’ .

8. DHCPINFORM
Jika klien telah mempunyai alamat IP, tetapi masih memerlukan beberapa informasi konfigurasi, maka pesan DHCPINFORM akan melayani tugas ini. Opsi Message Type dokodekan ‘8’.

oke demikianlah Pengertian dari DHCP message DHCPDISCOVER, DHCPOFFER, DHCPREQUEST, DHCPACK, DHCPNACK, DHCPDECLINE, DHCPRELEASE, DHCPINFORM, semoga bermanfaat buat sahabat yang lg membutuhkan pengertian tersebut.

Ow iza.. sebagai tambahan postingan kali ini yaitu sbb:
Sebagai server DHCP , Apakah IP Addresdari system operasi server DHCP jugadinamis ? SebutkanAlasannya ?

DHCP menyediakan alamat-alamat IP secara dinamis dan konfigurasi lain. DHCP ini didesain untuk melayani network yang besar dan konfigurasi TCP/IP yang kompleks. DHCP memungkinkan suatu client menggunakan alamat IP yang reusable, artinya alamat IP tersebut bisa dipakai oleh client yang lain jika client tersebut tidak sedang menggunakannya (off).