7 Manfaat Buah Sirsak

Manfaat Buah Sirsak, Buah Sirsak adalah tumbuhan berguna yang berasal dari Karibia, Amerika Tengah dan Amerika Selatan. Di berbagai daerah Indonesia dikenal sebagai nangka sebrang, nangka landa (Jawa), nangka walanda, sirsak (Sunda), nangka buris (Madura), srikaya jawa (Bali), boh lôna (Aceh), durio ulondro (Nias), durian betawi (Minangkabau), serta jambu landa (di Lampung). Penyebutan "belanda" dan variasinya menunjukkan bahwa sirsak (dari bahasa Belanda: zuurzak, berarti "kantung asam") didatangkan oleh pemerintah kolonial Hindia-Belanda ke Nusantara, yaitu pada abad ke-19, meskipun bukan berasal dari Eropa.
Yang biasa kita hidangkan pada Buah Sirsak ini umumnya sebagai juice atau disajikan dalam bentuk es sirsak mungkin juga sebagai cemilan atau cuci mulut sesudah makan. Tahukah anda Manfaat dari buah Sirsak selain itu, berikut ini 7 Manfaat Buah Sirsak.
khasiat manfaat buah sirsak

1. Buah Sirsak Dapat Meredakan Migrain
Didalam Buah sirsak terkandung vitamin B2, tak hanya terkandung tetapi kaya akan vitamin B2 atau riboflavin. Vitamin B2 berkhasiat untuk menurunkan sakit kepala, termasuk mengatasi sakit kepala sebelah atau sering kita menyebutnya Migran.

2. Buah Sirsak Dapat Membantu Menyembuhkan Ambeien
Ternyata buah sirsak dapat menyembuhkan ambeien. Caranya dengan memeras sirsak yang sudah matang dan kemudian ambil airnya. Ambil sekitar 1 gelas saja dan minum secara teratur 2 hari sekali. Sangat dianjurkan untuk meminumnya setiap pagi dan sore untuk mempercepat penyembuhan.

3. Buah Sirsak Dapat Membantu Menyembuhkan Bayi yang Sedang Diare
Caranya adalah dengan menyiapkan buah sirsak yang sudah masak/ matang. Kemudian peras dan saring airnya, dan kemudian minumkan air hasil saringan tersebut kepada bayi yang sedang diare sebanyak 2-3 sendok makan
.
4. Buah Sirsak Dapat Menghilangkan Kolesterol Jahat
Serat yang terkandung di dalam buah sirsak berfungsi untuk menyerap kolesterol jahat di dalam tubuh dan mempermudah kolesterol tersebut keluar dari dalam tubuh sehingga yang tersisa di dalam tubuh hanya tinggal kolesterol baik. Kadar kolesterol jahat yang terlalu banyak di dalam tubuh dapat menyebabkan berbagai macam penyakit. Oleh sebab itu bagi Anda yang bermasalah dengan kolesterol, Anda dapat minum jus buah sirsak secara teratur.

5. Buah Sirsak Dapat Menjaga Kesehatan Tulang
Buah sirsak mengandung berbagai zat mineral penting bagi tubuh seperti kalsium dan fosfor. Setiap 100 gram buah sirsak mengandung 14 mg kalsium dan 27 mg fosfor. Kedua kandungan mineral ini merupakan nutrisi yang sangat penting untuk menjaga kesehatan tulang. Selain itu, sirsak juga mengandung banyak tembaga yang dapat membantu proses penyerapan kalsium ke dalam tulang sehingga dapat menambah kebutuhan nutrisi tulang dengan baik

6. Buah Sirsak Dapat Menjaga Kelembaban Kulit
Memiliki kulit yang kering bisa disebabkan karena tubuh kekurangan vitamin C. Buah sirsak kaya akan vitamin C yang dapat membantu menjaga kelembutan dan kesehatan kulit tubuh. Jika Anda memiliki kulit kering, Anda bisa mencoba mengkonsumsi buah sirsak secara teratur untuk membuat kulit menjadi lebih sehat, kenyal, dan lembab.

7. Buah Sirsak Dapat Mencegah Kanker
Didalam sirsak terkandung Annonaceous acetogenins merupakan fitokimia yang ada di daun, biji dan batang sirsak. Zat ini berguna untuk kanker dan virus. Penelitian memaparkan dengan kandungan dalam buah ini. Dapat menurunkan sel-sel jahat ini untuk 12 jenis kanker, seperti kanker payudara, usus besar, prostat, paru-paru, dan masih banyak lagi.

Demikian 7 Manfaat Buah Sirsak, semoga dapat menambah wawasan anda tentang Buah Sirsak yang kaya akan Manfaat.