Tips Tidur Sehat dan Berkualitas

Tidur Merupakan bagian dari hidup semua makhluk hidup, Termasuk manusia. Tapi tak selamanya tidur kita dapat dikatakan sehat, terutama pada pola setiap individu masing-masing. lalu Bagaimanakah  Tidur  yang Berkualitas agar Tubuh tetap Sehat dan Bugar ???.
Berikut ini beberapa Tips agar Tidur Sehat dan Berkualitas :

1. Mematikan lampu kamar tidur anda sebelum anda tidur malam
Dengan lampu kamar yang padam akan membuat tidur anda lebih nyenyak. Sehingga tidur berkualitas akan sanggup anda penuhi.

2. Jangan mengonsumsi alkohol sebelum tidur
Banyak orang berpikir bahwa alkohol dapat membantu tidur jadi lebih mudah. Namun gara-gara alkohol, kualitas dan kuantitas tidur Anda justru dapat berkurang. Jangan pula merokok sebelum tidur karena nikotin dalam tembakau menyebabkan masalah tidur.

3. Lakukanlah kegiatan olahraga pagi secara rutin
Ini dikarenakan, Olahraga yang anda lakukan setiap pagi akan membantu anda untuk lebih cepat tertidur dimalam hari. Sehingga tidur berkualitas dapat anda peroleh dengan sangat mudah.

agar tidur berkualitas dan tetap sehat
4. Tidur beberapa jam setelah makan malam
Jangan tidur ketika perut sedang kosong atau setelah makan! Makan malam sebaiknya dilakukan 2-3 jam sebelum waktu tidur. Pastikan Anda memilih makanan ringan yang mudah dicerna dan sehat untuk tubuh.

5. Mengenali kebiasaan anda sebelum tidur
Sehingga anda akan lebih mudah mempersiapkan segala sesuatunya untuk dapat tidur tepat waktu dan mendapatkan tidur yang berkualitas pula.


6. Membuat suasana tidur menjadi lebih tenang
dengan membuat tubuh merasa lebih nyaman. Berikan tekanan ringan pada mata Anda dengan mengurangi cahaya di ruangan, tidak menonton TV atau bekerja dengan komputer atau laptop. Baca novel kesukaan Anda untuk bersantai dan membuat mood menjadi lebih tenang saat tidur. Bagi kebanyakan orang, gangguan tidur bisa dikendalikan dengan membaca novel sebelum tidur.

7. Jangan mengkonsumsi makanan yang terlampau mengenyangkan perut anda di saat akan tidur
Ini dikarenakan, perut yang terlampau sangat kenyang akan mengakibatkan kesulitan untuk tidur. Makan malam yang ringan sangat disarankan untuk membuat tidur malam anda lebih berkualitas.

8. Mengurangi kebisingan di rumah
Suara bising membuat Anda sulit mendapatkan tidur yang baik. Semua orang perlu merasa lebih santai sebelum tidur.

9. Jangan membawa ponsel atau handphone di tempat tidur anda
Sehingga anda tidak akan melakukan aktivitas seperti menelepon seseorang atau ber sms dengan seseorang yang dapat menganggu jam tidur anda. Sehingga tidur berkualitas dapat dengan mudah anda peroleh dengan menjauhkan ponsel atau handphone dari tempat tidur anda.

10. Jangan mengonsumsi kafein 5-6 jam sebelum tidur
Kafein menyebabkan masalah tidur dan dapat membuat Anda terjaga selama 10-12 jam.

11. Jika anda seseorang yang selalu berhubungan dengan komputer
Sebaiknya anda mematikan komputer anda di saat jadwal tidur anda telah tiba. Tapi disarankan untuk mengistirahatkan otak dan pikiran anda selama setengah jam sebelum anda tidur. Agar pikiran anda lebih tenang dan tidur anda lebih pulas dan mendapatkan tidur yang berkualitas pula.

12. Hindari minum cairan seperti jus atau air yang berlebihan sebelum tidur
Kebiasaan itu bisa membuat Anda sering buang air kecil di malam hari yang dapat mengganggu tidur Anda.

13. Cobalah untuk melakukan beberapa latihan pernapasan atau yoga sebelum tidur
Latihan ini dapat melemaskan otot-otot, tubuh dan pikiran untuk mendapatkan tidur yang sehat dan menyembuhkan gangguan tidur.

14. Buatlah rutinitas tidur untuk memiliki tidur yang sehat
Tetap tidur dan bangun di waktu yang telah Anda tentukan untuk membantu menjaga kebiasaan tidur yang sehat. Hindari fleksibilitas karena mengarah ke waktu tidur yang tidak tepat. Pastikan Anda juga mendapat waktu tidur siang selama 30-45 menit ketika sedang bebas bekerja.

Demikianlah beberapa Tips agar Tidur anda tetap Sehat dan Berkualitas.Semoga bermanfaat dan Menambah Wawasan Anda.