8 Buah Sehat Untuk Berbuka dan Sahur saat Puasa

Puasa Terus Berlangsung. Tentunya dalam puasa pastinya anda pengen tetap sehat, tidak loyo,dan Semangat menjalankan ibadah puasa dibulan Ramadhan yang penuh berkah ini. . 
Selain Dengan aktifitas yang menyehatkan puasa  tentunya juga dari menu makanan yang kita konsumsi haruslah sehat. 
Berbukalah dengan yang manis, ungkapan tersebut diucapkan tentunya bukan tanpa alasan. Makanan yang manis memang baik untuk berbuka puasa, karena saat puasa kadar gula darah dalam tubuh cenderung menurun. Sehingga makanan yang mengandung gula dibutuhkan untuk mengembalikan kadar gula normal dalam tubuh.

Agar kadar gula darah tidak naik secara berlebihan, Anda harus bijak memilih makanan manis yang baik untuk kesehatan. Berikut beberapa Buah manis dan segar yang sehat dan baik dikonsumsi sebagai makanan berbuka dan sahur saat puasa yang terangkum dari berbagai sumber.

1. Kurma
Mengonsumsi kurma selama bulan Ramadan sama dengan mengonsumsi multivitamin setiap harinya. Kurma mengandung vitamin A dan B6, asam folat, kalium, natrium alami, zat besi, dan magnesium, yang dapat mencegah sembelit. Selain itu, kurma juga dapat melindungi lambung dan saluran pencernaan dari bakteri berbahaya di dalam tubuh.

2. Blewah
Mengkonsumsi blewah dapat mencegah tubuh kekurangan cairan. Kandungan air yang tinggi pada buah ini membantu mengatasi dehidrasi karena 14 jam tidak mendapat asupan cairan. Blewah mengandung zat gula. Karena saat berbuka tubuh membutuhkan zat gula yang cepat diserap tubuh setelah seharian berpuasa. Selain itu blewah mengandung kalium yang tinggi sehingga dapat memperlancar pengiriman oksigen ke otak dan menjaga keseimbangan cairan tubuh saat puasa.

3. Apel
Apel memiliki serat yang membantu tubuh merasa kenyang lebih cepat. Selain itu, wanita yang mengonsumsi satu apel setiap harinya, memiliki risiko sekitar 28 persen lebih kecil menderita diabetes tipe 2, karena apel mengandung serat larut yang dapat mencegah naiknya gula darah dalam tubuh. Serat larut yang dimiliki apel juga dapat mengikat lemak di dalam usus, yang tentunya membantu tubuh menurunkan kadar kolesterol Anda.

4. Pir
Kalau buah satu ini adalah buah pavorit saya, ternyata buah pir sangat dianjurkan lho untuk menjadi bagian pelengkap menu makanan sehat sehari, kenapa ya ? buah pir mengandung serat, kadar karbohidrat yang rendah, serta kaya akan kalium yang tentu sangat baik untuk kesehatan kita.

5. Semangka
Buah yang mengandung banyak air ini tentunya menjadi makanan yang tepat untuk berbuka puasa. Selain manis, kandungan airnya memberikan kesegaran setelah seharian berpuasa.
Selain itu, semangka juga merupakan sumber vitamin A, C dan B6 yang baik. Vitamin A dalam semangka dapat membantu menjaga kesehatan mata dan antioksidan. Kemudian vitamin C-nya membantu menyembuhkan luka, mencegah kerusakan sel, meningkatkan kesehatan gigi dan gusi. Sedangkan vitamin B6 membantu fungsi otak dan mengubah protein menjadi energi.

6. Pepaya
Selain dikenal sebagai buah yang baik untuk proses pencernaan, pepaya sangat baik dikonsumsi saat berpuasa karena mengandung mineral yang cukup tinggi. Komposisi mineral yang terkandung dalam pepaya seperti kalsium, besi, magnesium, fosfor, seng, dan selenium sangat baik bagi tubuh. Selain itu pepaya kaya akan vitamin C yang membantu menjaga daya tahan tubuh.

7. Pisang
Pisang kaya akan karbohidrat yang terusun dalam zat pati dan zat gula. Dua zat ini sangat dibutuhkan tubuh untuk cepat menggantikan energy saat berbuka. Selain mengandung vitamin A yang baik bagi tubuh, pisang juga mengandung kalium dan natrium, mineral yang baik untuk relaksasi otot.

8. Pepaya
Selain dikenal sebagai buah yang baik untuk proses pencernaan, pepaya sangat baik dikonsumsi saat berpuasa karena mengandung mineral yang cukup tinggi. Komposisi mineral yang terkandung dalam pepaya seperti kalsium, besi, magnesium, fosfor, seng, dan selenium sangat baik bagi tubuh. Selain itu pepaya kaya akan vitamin C yang membantu menjaga daya tahan tubuh.
Sebagai sumber energi yang mudah dicerna dan diserap dalam tubuh, gula membantu tubuh dengan cepat terasa bugar kembali. Meski demikian, bukan berarti saat berbuka puasa Anda diperbolehkan mengonsumsi semua buah atau makanan yang mengandung gula.

Demikianlah 8 Buah Sehat Untuk Berbuka Puasa, Semoga Bermanfaat. Selain dari buah-buahan diatas tentunya anda juga harus Menjaga Makan dan Minum Agar Puasa tetap Sehat Dan Bugar. Selamat Menjalankan Ibadah Puasa.