Progam Operasi INPUT/OUTPUT Menghitung KAPASITANSI C/C++

Hai sobat.. lagi belajar Bahasa Pemrogaman C/C++ nih. Yups pemrogaman C/C++ merupakan pemrogaman dasar untuk memulai belajar Progammer. Belajar C/C++ cukup menyenangkan. Za emang belajar dasar sob ibarat sekolah mungkin baru Taman Kanak-Kanak jdinya za menyenangkanlah.  . Tp kadang juga membingungkan sih kalho program pas lg error waktu diCompile, yeh..dijamin mumet deh bray saoalnya yg kita baca bahasa pemrogaman yg berisi syntax-syntax. Tp namanya juga belajar soal error pas buat project za ndak masalah-lah. Belajar itu banyak sob ada belajar otodidak dr mesin pencari si mbah goog, ada juga belajar tray and error, belajar dari kesalahan sehingga mnjdi bisa . dan cara-cara lainnya tergantung individu dan kondisi jalan yg ditempuh. Yah.. malah kaya mau kultum nih, ndak papa lah sidikit selingan sob biar ndak garing. Oke kembali ke Topik awal za bray. Setelah kemarin kita bahas Progam Mencari Sisi Miring Segitiga Dengan C/C++ sekarang kita akan bahas Progam OPERASI INPUT/OUTPUT yang termasuk dalam kategori Dasar pemrogaman bahasa C/C++. Untuk Lebih jelasnya nih sedikit ringkasan yang saya kutip dari modul pemrogaman C/C++ yang membahasa tentang OPERASI INPUT/OUTPUT C/C++.

DASAR PEMROGRAMAN DAN OPERASI INPUT/OUTPUT

IDENTIFIER
Identifier atau nama pengenal adalah nama yang ditentukan sendiri oleh pemrogram yang digunakan untuk menyimpan nilai, misalnya nama variable, nama konstanta, nama suatu elemen (misalnya: nama fungsi, nama tipe data, dll). Identifier punya ketentuan sebagai berikut :
1. Maksimum 32 karakter (bila lebih dari 32 karakter maka yang diperhatikan hanya 32 karakter pertama saja).
2. Case sensitive: membedakan huruf besar dan huruf kecilnya.
3. Karakter pertama harus karakter atau underscore ( _ ) . selebihnya boleh angka.
4. Tidak boleh mengandung spasi atau blank.
5. Tidak boleh menggunakan kata yang sama dengan kata kunci dan fungsi.

Program Input output Pada C/C++ Sangatlah bermacam-macam, misal mau membuat program menghitung faktorial, progam menghitung jumlah karakter, program menghitung umur. Pokoknya banyak deh pengaplikasianya, kalho sempet insya-allh saya bahasa satu-satu dipostingan berikutnya soal pemrogaman tsb, tp ndak janji saya sob_ pokoknya ikuti aja deh update situs ini Dengan gabung diFanspage FB, follow twitter/G+ disebelah samping laman ini, jadi klaho pas sewaktu-waktu sobat lagi online nih, trus ada update postingan baru dari situs ini akan muncul deh diberanda sobat. Enak kan sob pas lagi online tak hanya update, like, RT, Status tp juga bs dapat ilmu_klho pasa situs ini lagi update postingan baru, pokoknya langsung aja-lah sob gabung dengan kami dengan follow twitter atw G+ kalho FB cukup Like aja. Tp saya juga ndak maksa sob. Kerelaan dan keikhlasan hati anda ajalah. Yuhu... kembali lagi ketopik za sob. Langsung aja za Cekidot....
Berikut ini salah salu contoh program OPERASI INPUT/OUTPUT menghitung kapasitas dengan C/C++

Program Menghitung kapasitansi dengan C

#include”stdio.h”

main()

{

int Q,V,kapasitas;

printf(“Masukkan nilai [Q] = ”);

scanf(“%d”,&Q);

printf(“Masukkan nilai [V] = ”);

scanf(“%d”,&V);

kapasitas= Q/V;

printf(“kapasitas = %d”,kapasitas);

}

Output
 Progam Menghitung KAPASITANSI  C/C++
kemudian enter lagi sob..maka akan ketemu dah hasilnya.

Program Menghitung kapasitansi dengan C/C++, Memang antara C dengan C++ Tak jauh beda, hanya saja memiliki bahasa coding yang sedikit ada perbedaan dipandang mata, misalnya printf() dengan Cout>>, sacanff() dengan Cin>>. Tetapi pada dasarnya memiliki arti yang sama. Untuk Syntax/scrip yang tertera diatas menggunakan Bahasa C. Klho mau pakek C++ tinggal rubah aja sob codingnya. Tinggal menyesuaikan. Dan saya yakin anda pasti bisa.
Oke cukup za sob..pegel juga ngetik segini. Terimakasih atas perhatianya. Slamat mencoba semoga berhasil. Happy Coding. 