Penjelasan DNS Pada Jaringan Komputer

Setelah sebelumnya kita telah ketahui Dasar Pengkabelan dan pengaturan alamat ip (JARKOM) dan juga Pengertian, Fungsi, Tipe, Kelemahan, dan Keuntungan Firewall. kali ini kita akan membahas DNS atau lebih tepatnya yaitu Penjelasan DNS Pada Jaringan Komputer
Latihan Soal
1. Jelaskan apa itu DNS?
2. Mengapa ada DNS?
3. Bagaimana mekanisme cara kerja dari DNS untuk menemukan suatu nama website (contoh : google.com)?
Pengertian DNS Pada Jaringan Komputer
Jawaban
1. DNS (Domain Name System) merupakan sebuah aplikasi services di Internet yang menerjemahkan sebuah domain name ke IP address, Atau sebuah sistem yang menyimpan informasi tentang nama host maupun nama domain dalam bentuk basis data tersebar (distributed database) di dalam jaringan computer.
2. DNS atau Domain Name Server berguna untuk memberitahukan alamat IP dari nama situs / server yang diperlukan oleh browser. DNS sebenarnya juga dibuat untuk memudahkan manusia untuk mengingat alamat web. Sedangkan komputer / server bekerja untuk mengatur arus-lalu lintas trafik dengan menggunakan IP Address (IP = Internet Protocol). Dengan demikian pemetaan nama ke IP diperlukan oleh komputer untuk bisa saling berkomunikasi.

3. mekanisme cara kerja dari DNS untuk menemukan suatu nama website
1) User mengetik domain name website yang akan dibuka di address bar browser, lalu tombol Enter ditekan.
2) Komputer user buka koneksi ke DNS server & mengirim domain name yang diinput tadi Di DNS server domain name tadi dicek IP addressnya, lalu IP address ini dikirim ke komputer user tadi.
3) Komputer user menerima IP address server dari website yang bersangkutan, lalu buka koneksi ke IP address itu untuk buka websitenya.
4) Web server menerima request dari komputer user, lalu mengirim data tampilan halaman websitenya ke komputer user.
5) Komputer user menerima tampilan halaman website dari web server, lalu halamannya ditampilin di browser.
Misalnya untuk membuka Google tadi, kita tidak perlu menghafalkan IP address 74.125.235.49. Kita cukup mengingat domain name www.google.com saja, yang jauh lebih mudah untuk dihafalkan dari IP addressnya.