Segitiga pascal menggunakan fungsi recursive Struktur Data

Recursif merupakan suatu teknik pemrograman yang mengizinkan seorang pemrogram untuk menggunakan istilah dalam menyatakan operasi dalam kaitan dengan dirinya sendiri. Setelah sebelumnya telah kita selesaikan beberapa latihan soal dan jawaban bab recursive, kali ini kita akan mempraktekkan membuat progam dengan fungsi recursive. Di Dalam C++, rekursif mengambil bentuk suatu fungsi yang memanggil diri sendiri. Suatu cara untuk berpikir tentang fungsi-fungsi recursif dengan menggambarkan sebagai suatu proses yang sedang melaksanakan salah satu perintah untuk mengulangi proses. Hal ini sangat serupa dengan suatu pengulangan karena mengulangi kode yang sama, dan dalam beberapa hal yang serupa dengan recursif. Selain itu, rekursif membuat pengulangan lebih mudah untuk menyatakan gagasan-gagasan di mana hasil dari panggilan yang berulang digunakan untuk melengkapi task (instruksi).
Oke Berikut ini progam yang akan kita buat kali ini yaitu Segitiga pascal menggunakan fungsi recursive dengan C/C++ (Struktur Data)

Script Progam Segitiga pascal menggunakan fungsi recursive Struktur Data
#include <stdio.h>
main()
{
int S152,U152,G152,E152,N152,in;
int I152[100]={0,1};
int W152[100];
int A152[100];
printf("#____________________________#\n");
printf("Sugeng Siswanto - 1412110152\n");
printf("#____________________________#\n");
printf("Masukkan tinggi segitiga : ");
scanf("%d",&in);
S152=0;
U152=1;
E152=in;
N152=E152;
while(U152<=in)
{
while(E152>=1)
{
printf(" ");
E152--;
}
G152=0;
while(G152<=S152)
{
W152[G152]=I152[G152]+I152[G152+1];
A152[G152+1]=W152[G152];
printf("%d ",W152[G152]);
G152++;
}
A152[0]=0;
A152[S152+2]=0;
G152=0;
while(G152<=S152+2)
{
I152[G152]=A152[G152];
G152++;
}
S152++;
U152++;
E152=N152;
E152--;
N152=E152;
printf("\n");
}
}
NB: ow iza sobat, saya lupa dari postingan-postingan sebelumnya tidak saya kasih keterangan ini. gini sob untuk huruf-huruf yang ada angkanya 152 pada script diatas adalah sebuah variabel. jadi terserah sobat mau mengganti a,b,c dst. pokoknya diawali huruf sebelum angka sesuai dengan aturan penulisan variabel. kenapa didalam script pada tulisan disini ada huruf S152 dst. karena itu sesuai tuntutan praktikum sob. Perintah mas/pak dosen untuk variabel diberi aturan kudu diganti dengan inisial huruf dari nama dan 3 digit NPM saia. jadi begitulah sob ceritanya. kenapa saya jelaskan ??. kali aja ada sobat yang bingung dengan script dari variabel yang gak karuan itu. soalnya jujur pribadi saya sendiri juga bingung kalho variabelnya kaya gitu. mending A,B,input,output gitu. kan jelas waktu baca scriptnya. Tapi tak apelah sob intinya sama aja. cuma variabel doangk kok. kalho sobat mengerti alur dan inti dari progamnya pasti ngarti deh. wong saya aja ngerti kok.mosok anda tidak paham.
saya yakin anda pasti juga bisa.. bila mau belajar dan mencoba. Cemungut za sobat.. he he :)
Lanjut ke pembahasan dari tulisan ini.. apanya yang dilanjut sih ??, wong tinggal outputnya ja.  nih saya tunjukkin compile-an dari script diatas. cekidot..
Output Segitiga pascal menggunakan fungsi recursive Struktur Data
Segitiga pascal menggunakan fungsi recursive Struktur Data

Yuhu.. bErhasil kan sob.. segitiga pascal bro !!, yang di MTKnya ruwet-wet. ternyata kalho dibuat progam juga ruwet.=D. Tapi kan kita berhasil tuh.. tinggal inputkan nilai berapa aja pasti akan ditunjukkin segitiga pascalnya. sangar kan sob. ndak usah ngitung satu persatu deh. tinggal input dan akan menampilkan hasilnya. yah begitulah kira-kira sedikit kelebihan anak IT. seperti pada komik-komik lucu tuh. ada cerita ketika mahasiswa telat disuruh nulis sampai beribu kali kata. sama dianya dibuat perulangan for sob. yakh.. jadi ndak capeklah.
oke deh demikian pembahasan Segitiga pascal menggunakan fungsi recursive Struktur Data kali ini, semoga bisa membantu bagi yang membutuhkan. dan bermanfaat buat semuanya kawand dan sobat" tercinta. :-D see you.. ;-)