17 Manfaat Buah Manggis

Manfaat Buah Manggis, Manggis dalam bahasa latinya Garcinia mangostana L. adalah sejenis pohon hijau abadi dari daerah tropika yang diyakini berasal dari Kepulauan Nusantara. Tumbuh hingga mencapai 7 sampai 25 meter. Buahnya berwarna merah keunguan ketika matang, meskipun ada pula varian yang kulitnya berwarna merah. Buah manggis dalam perdagangan dikenal sebagai "ratu buah", sebagai pasangan durian, si "raja buah". Buah ini mengandung mempunyai aktivitas anti inflamasi dan antioksidan. Sehingga di luar negeri buah manggis dikenal sebagai buah yang memiliki kadar antioksidan tertinggi di dunia. Sudah tak asing lagi kedengaranya bahwa buah manggis memiliki sejuta manfaat, Berikut ini beberapa manfaat & khasiat Buah manggis yang terangkum dalam 17 Manfaat Buah Manggis.
manfaat buah manggis

1. Mengobati depresi, obesitas, penuaan dini, alergi tinggat rendah dan lanjut, penyakit kulit, gejala demam, diare, dan nyeri.
2. Menurunkan kadar Kolesterol.
3. Meningkatkan energi tanpa stimulan
4. untuk mengobati luka, demam, diare, sariawan, dan sembelit. Senyawa Xanthone yang terdapat pada kulit buah manggis merupakan antioksidan tingkat tinggi.
5. Dapat mengurangi gula darah pada Diabetes tipe II dengan membuat insulin lebih efektif
6. Membantu untuk memerangi alergi (anti histamin), mendukung sistem kekebalan tubuh
7. Membantu untuk memerangi rasa sakit (properti anti-inflamasi yang dapat mengurangi peradangan, nyeri dan kerusakan sendi dihubungkan dengan arthritis, atau nyeri yang disebabkan oleh latihan olahraga dan luka ringan)
8. Membantu memerangi infeksi – virus, bakteri, jamur, parasit, demam.
9. Membantu untuk mengelola berat badan – mengurangi lemak tubuh.
10.Menjaga kesehatan usus – meringankan diare, sembelit, menstimulasi kesehatan usus normal.
11.Bermanfaat Sebagai Anti Jerawat.
12.Meringankan sakit akibat carpal tunnel syndrome (penyakit yang terjadi pada pergelangan tangan serta jari yang disebabkan oleh tekanan yang sering terjadi pada bagian tersebut. Dan biasanya sering diakibatkan karena terlalu sering memakai keyboard dan mouse).
13.Meringankan radang tenggorokan (bronchitis), pembengkakan paru-paru (emphysema), dan radang paru-paru (pneumonia).
14.Meringankan penyakit inflamasi kronik (peradangan menahun) yang menyerang struktur tulang belakang dan terutama sendi panggul (Ankylosing Spondylitis).
15.Membantu menghindari penyakit kemerosotan pada otak (dementia & Alzheimer`s).
16. Dapat meringankan peradangan usus besar ataupun kecil yang dikenal dengan Crohn`s disease.
17. Manggis mampu menyembuhkan sekaligus mencegah penyakit kanker. Ekstrak dari buah manggis ini ternyata mampu mencegah akan tumbuhnya beberapa sel kanker yang ada di dalam tubuh kita, seperti kanker paru – paru, kanker hati, kanker usus, dll.

Dalam sebuah penelitian juga berhasil mengidentifikasikan khasiat buah ini dalam mengatasi berbagai macam masalah kesehatan. Senyawa tannin yang juga ditemukan dalam kulit manggis diketahui dapat mengencangkan kulit dan selaput lendir jika dioleskan secara langsung. Senyawa xanthone selain ampuh untuk mencegah dan mengatasi kanker, ternyata juga menunjukkan efek antihistamin dan anti-inflamasi, sehingga bermanfaat untuk mengobati alergi. Xanthone juga diketahui bermanfaat bagi kesehatan jantung karena dapat mencegah LDL (kolesterol jahat) menumpuk di pembuluh arteri. Kulit manggis juga dapat dikeringkan dan dijadikan teh.

Sebelumnya perlu anda tahu bahwa dalam mengonsumsi buah manggis terutama bagian kulitnya harus sesuai aturan. Dalam kulit buah manggis terkandung kadar resin, serat kasar, tannin, serta komponen lainnya yang tidak dapat dicerna dengan baik oleh tubuh pada kadar tinggi.Anda tidak disarankan untuk mengonsumsi jus kulit manggis dalam keadaan perut yang masih kosong. Jika baru pertama kali Anda meminum jus kulit buah manggis mungkin akan merasa mual dan tidak enak.

Mungkin anda pengen mencoba cara pengolahan Kulit Manggis atau sirup xanthone secara sederhana adalah sebagai berikut : Cuci bersih kulit buah, kemudian potong kulit 2 butir buah. Selanjutnya potongan tersebut direbus dalam 4 gelas air, sehingga tersisa 2 gelas. Air rebusan tersaring itulah yang diminum secara rutin 2 - 3 kali sehari.
Demikian ulasan dari Manfaat Buah Manggis,semoga bermanfaat &  dapat menambah wawasan anda.