6 Tips Agar Tetap Sehat Saat Menjalankan Puasa

agar puasa tetap sehat
Yakh Sudah Bulan Puasa. Gimana kabar Puasa Anda ??.. Semoga tetap Sehat dan lancar selalu. Puasa tak lepas dari rasa loyo,letih, dan kadang menimbulkan tubuh kita drop sehingga bisa juga jatuh sakit. Padahal sudah jelas dari tuntunan baginda Rasul Muhammad SAW. Puasa itu menyehatkan tubuh dan tak dipungkiri juga dari dunia kesehatan melalui penelitian-penelitian tentang puasa. Banyak Fakta dari pakar-pakar kesehatan membuktikan kalau puasa itu memang sangatlah baik bagi tubuh kita, dan tentunya juga menyehatkan. berikut ini saya jelaskan agar pusa anda tetap sehat yang terangkum dalam 6 Tips Agar Tetap Sehat Menjalankan Puasa :

1. Sahur dan buka dengan makanan yang bergizi.
Sahur dan bukalah dengan makanan yang bergizi. Misal, Nasi dengan telur, ditambah sayur bayam, buah pisang, minumnya susu dan air putih, dan sedikit cemilan. Ketika Saat Sahur, usahakan untuk mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan dalam jumlah yang lebih banyak dibanding ketika berbuka dan Diusahakan mengkonsumsi gula rasa manis yang berasal dari zat-zat alami, misalnya gula aren, buah kurma, madu, atau bisa dari buah-buahan yang rasanya manis karena itu akan meningkatkan kekebalan dan stamina tubuh.

2. Tidur malam yang Cukup
Iza bulan puasa emang kadang identik tidur agak lebih malam buat kaum remaja. entah itu tadurusan ataupun sekedar begadang. Tapi ingatlah untuk tetap menjaga waktu tidur agar nantinya waktu bangun sahur tepat waktu. dan juga kadang kalau kurang tidur pas bangun sahur tidak begitu nafsu makan. kan sangat merugikan kita, padahal Santap Sahur harusnya lahab agar puasa kita nantinya tak begitu letih. tapi perlu digaris bawahi jangan terlalu berlebihan.

3. Olahraga Pagi dan Sore
za sudah tak asing lagi, bahwa olahraga memang bisa menyehatkan tubuh kita. usahakan setiap pagi atau sore usahakan olahraga meskipun itu olahraga ringan, misalnya lari pagi atau sekedar jalan-jalan.

4. Gosok gigi Malam dan Pagi
Usahakan setelah berbuka atau sebelum tidur gosok gigi anda. karena selama puasa semua kegiatan makan dan minum berhenti total seharian sehingga produksi kelenjar air liur mulut berkurang dan mulut menjadi cepat asam dan berbau. Karena itu dianjurkan untuk segera menggosok gigi agar sisa-sisa makanan tidak membusuk di rongga mulut. Agar mulut tetap segar dan sehat. Ow iza setelah Sahur juga sangat dianjurkan gosok gigi. usahakan gosok gigi pagi pas setelah sahur atau sebelum waktu dhuha. karena ada sebuah hadits yang mengatakan kalau sudah memasuki waktu dhuha hukumnya makruh. kira-kira waktu dhuha itu sekitar jam setengah 7 lebih. jadi sebelum stengah 7 pagi segeralah untuk menggosok gigi anda.

5. Tetaplah Beraktifitas
Puasa dibulan Ramadhan Tak Harus bermalas-malasan. kadang kalau kita terlalu tidak beraktifitas apa-apa malah tubuh terasa loyo. Jadi Tetaplah melakukan kegiatan enta itu menuntut ilmu (Sekolah/Kuliah), Bermaian, membaca buku, membaca al-qur'an, menulis, Bekerja Seperti biasananya dan lain sebagainya.

6. Tidur Siang Yang Cukup
iza puasa identik dengan tidur siang. karena dalam sebuah Hadits juga dijelaskan "Tidurnya Orang yang Berpuasa adalah Ibadah". Tapi perlu digaris bawahi tidur disini tak sekedar tidur, misal setengah hari tidur setengah hari beraktifitas atau bahkan mungkin sehari suntuk kita tidur, jangan !!! itu tandanya kita lemah dan terlalau malas. Tidur sianglah yang ala kadarnya (pada umumnya) kalau waktu hari-hari biasa sekitar 1/2 - 1 jam. Kalau pas hari puasat sekitar 1-2 jam saja sudah Cukup.

Demikianlah 6 Tips Agar Tetap Sehat Menjalankan Puasa. semoga bermanfaat dan Selamat Menjalankan Ibadah Puasa.