Cara Memperbaiki Toucpad Laptop Rusak Tidak Bergerak/ Tidak Berfungsi

memperbaiki toucpad laptop tidak bergerak
Kemarin Tuocpad Laptop saya sempat tidak berfungsi/tidak bergerak. Saya sangat bingung sekali, saya kira ni toucpad udah Rusak. setelah saya uprek-uprek plus browsing sana-sini. Eh syukur udah bisa kembali. Sebenernya Sepele sih masalahnya. cuma emang saya belum mengerti aja, jadinya za sempet kebingungan. Berikut ini yang membuat masalah pada toucpad saya kemarin sehingga tidak berfungsi:

Tidak Sengaja telah menekan tombol shortcut untuk menon-aktifkan fungsi mouse pad.
Za elah...cuma itu doangk.. tempat shortcutnya ini berbeda-beda pada setiap Laptop tapi sebenernya sama gambarnya. berikut ini saya perlihatkan letak shortcut mengaktikan/menon-aktifkan mouse dilaptop saya DELL N4050 :
Tips memperbaiki toucpad Laptop tidak fungsi


Pada umumnya cukup ditekan fn + F3 sudah bisa aktif kembali dan berfungsi normal penggunaan Touch padnya. Coba satu-satu, mungkin di laptop anda menggunakan fn + F1...... suampai.....fn+f12. Tapi kalho udah bisa pada fn+f3 za ndak usah dicoba atu-atu lah bro, kurang kerjaan ajja. He he.. becanda. kembali serius yakh. cara diatas masih belum berhasil ??.. jangan bingung dulu.
coba deh beberapa  tips memperbaiki touchpad laptop yang rusak dibawah ini, refrensi dari http://jejakservicepc.blogspot.com :

Cek Driver touchpad telah terinstall dengan baik apa belum ??
Kalho belum diinstal buruan diinstall lah. Jika driver telah terinstall, pastikan touchpad AKTIF. ( Pada beberapa merek notebook, seperti COMPAQ, misalnya, ada tombol khusus untuk mengaktifkan/menonaktifkan touchpad ini) menggunakan kombinasi tombol FN+F(x).
Jika masih belum jalan juga, coba update driver Touchpad anda. Cari di website produsen laptop, atau ke synaptics.com (rata2, notebook dewasa ini menggunakan touchpad buatan synaptics). Jika masih belom bisa berfungsi, cobalah boot menggunakan LIVE CD Linux. Umumnya, Live CD sudah menyertakan driver agar Touchpad bisa berfungsi normal. Apabila touchpad pada Live CD tidak berfungsi, besar kemungkinan, touchpad rusak secara hardware. Silakan hubungi Service Center Notebook Anda.

Coba cek bahwa touchpad anda apakah dimatikan secara software ??
biasanya si ada tombol di atas touch pad atau bisa juga dengan tekan tombol fn + f4. kemungkinan agak parah ya hardware. coba cek koneksi kabel di bawah keyboard apakah terhubung baik ke motherboad. untuk yang ini, saya sarankan anda bawa ke toko2 komputer terdekat kalo anda ga begitu paham untuk membongkar keyboard.

Lakukanlah Troubleshooting 
Untuk memudahkan proses troubleshooting, anda bisa pergunakan USB Mouse terlebih dahulu sebagai pengganti dari fungsi touchpad, kemudian lakukan langkah-langkah troubleshooting dibawah ini.

- Pastikan touchpad tidak tersetting disable/ non aktif dari software touchpad bawaannya (biasanya software touchpad ini running di system tray pojok kanan bawah)

- Jika settingan touchpad sudah benar (aktif/on) di software touchpad bawaan dan touchpad masih belum bisa bekerja normal kembali, maka troubleshooting dilakukan ke tingkat kedua yaitu : hapus driver mouse/touchpad dari Device Manager dengan melakukan step berikut : masuk ke control panel -->system --> device manager. kemudian cari bagian mice and other pointing device --> klik simbol di sampingnya kemudian hapus driver yang bernama Synaptics PS/2 Port Touchpad dengan cara berikut : arahkan pointer mouse di driver tsb --- > klik kanan ---> pilih delete.

- Setelah melakukan delete driver, restart kembali laptop anda agar driver touchpad tsb bisa refresh kembali dengan cara automatic install waktu os windowsnya up kembali.

Sebenarnya cuma ada 3 kemungkinan yang membuat  Toucpad Laptop Tidak Bergerak/ Tidak Berfungsi :
1. lupa instal driver, coba di instal dulu atau cek dari device manager liat apa udah keinstal apa blm
2. sudah di instal tapi gk dinyalain, liat dari F1 - F12, ada g gambar touchpad, kalo ada coba tekan fn+tombol itu tadi, trus coba mousepad, kalau untuk laptop compaq tombolnya tepat berada di atas mousepadnya
3. rusak.

Demikian yang dapat saya sampaikan, semoga dari langkah-langkah cara diatas dapat Memperbaiki Toucpad Laptop Rusak Tidak Bergerak/ Tidak Berfungsi dan semoga berhasil. aamiin..
kalho sudah bisa jangan Lupa ucapkan Alhamdulillah...