Manfaat Jeruk Nipis Untuk Obat Kesehatan

Jeruk Nipis, Siapa sih yang tak kenal dengan buah ini, tentunya sudah banyak yang tahu dengan Buah yang namanya jeruk nipis. Jeruk nipis atau limau nipis merupakan tumbuhan perdu yang menghasilkan buah dengan nama sama. Tumbuhan ini dimanfaatkan buahnya, yang biasanya bulat, berwarna hijau atau kuning, memiliki diameter 3-6 cm, memiliki rasa asam dan agak pahit,agak serupa rasanya dengan lemon.Jeruk nipis, yang sering dinamakan secara salah kaprah sebagai jeruk limau, dipakai perasan isi buahnya untuk memasamkan makanan, seperti pada soto.
Jeruk nipis memiliki kandungan vitamin C lebih banyak dibandingkan jenis jeruk lainnya. Selain digunakan untuk penyedap makanan jeruk nipis bisa menyembuhkan berbagai penyakit. Diantaranya Sebagai berikut ini Manfaat Jeruk Nipis Untuk Kesehatan Disertai Langkah-Langkah Cara pengobatanya :
manfaat jeruk nipis untuk obat sehat

Jeruk Nipis Untuk Mengobati Ambien
Za jeruk Nipis bisa dijadikan obat alternatif dalam penyembuhan amandel anda. Ambeien merupakan salah satu penyakit yang dapat dikatakan tidak ada obatnya. Ketika seseorang sudah terkena ambeien, biasanya sangat sulit untuk disembuhkan. Penyakit ini secara berkala akan kambuh jika penderita tidak menjaga makanannya dengan baik.

Mayoritas Operasi sering dijadikan pilihan, akan tetapi ternyata hal ini bukan opsi yang bijak. Selain menghabiskan dana yang tidak sedikit, operasi tidak menjamin bahwa ambeien tidak akan pernah kambuh lagi. Namun ternyata dengan menggunakan manfaat jeruk nipis, penyakit ini bisa diatasi.

Dalam Jeruk nipis terdapat Kandungan yg ber Manfaat dan berkhasiat menyembuhkan ambeien tidak diperoleh dari buahnya. Melainkan dari akarnya yaitu dengan cara sbb :
  • Cuci sampai bersih akar jeruk nipis
  • Kemudian rebus dengan air selama setengah jam
  • Setelah direbus kemudian saring hingga kotoran dan endapanya terpisah.
  • Lalu minumlah dengan perlahan
*untuk 1 liter air membutuhkan 10 gram akar pohon ini.

Jeruk Nipis Untuk Mengobati Amandel
Selain sebagai obat penyembuhan ambaien jeruk nipis juga bisa dijadikan obat amandel. Bagi Anda yang mengidap amandel tentu sangat paham kalau amandel itu sangat menyiksa. Bahkan ada kalanya dokter memutuskan untuk mengangkat amandel atau tonsil seseorang untuk alasan kesehatan. Tapi jangan khawatir, amandel dapat diobati dengan cara tradisional. Apalagi kalau bukan menggunakan manfaat jeruk nipis yang alami ini.

Cara Pengobatanya yaitu menggunakan kulit dari jeruk nipis. Dengan langkah-langkah sbb:
  • Sediakan 3 buah jeruk nipis,
  • Ambil kulitnya yang akan direbus dengan 2 gelas air hingga mendidih dan air hanya tersisa ¾ gelas saja.
  • Setelah itu, air ini jangan diminum, melainkan dijadikan sebagai obat kumur.
*Manfaat jeruk nipis di sini adalah untuk mengempeskan amandel yang membengkak.

Jeruk Nipis Untuk Mengobati Batuk
Bagi Anda sedang batuk, bahkan sangat sering dan mungkin menjadi kebiasan sehari-hari. Salah satu obat batuk yang manjur dan dipercaya secara turun-temurun adalah dengan meminum air jeruk nipis yang telah dicampur dengan kecap. Manfaat jeruk nipis adalah untuk meredakan gatal di tenggorokan dan memicu batuk. Cara pengobatanya ini bisa dicoba beberapa kali selama satu hari. Tanpa efek samping seperti mual, mengantuk, atau tubuh lemas. Tidak juga mengandung bahan kimia yang bisa berakibat buruk bagi tubuh dalam jangka panjang.

Jeruk Nipis Bantu untuk Lancarkan Pencernaan
Jeruk nipis juga bisa dijadikan obat pelancar pencernaan anda karena jeruk nipis memiliki flavonoid yang meningkatkan produksi empedu, asam, dan cairan pencernaan. Semua hal itu sangat membantu berfungsinya sistem pencernaan dalam tubuh. Dimana kandungan falonoid akan menetralkan cairan pencernaan asam, pengeluaran racun dalam tubuh. Di samping itu, mengonsumsi jeruk nipis manis juga akan menenangkan perut bila Anda menderita muntah, mual, atau diare.

Demikianlah beberapa Manfaat Jeruk Nipis yang Bermanfaat Bagi kesehatan kita dan bisa dijadikan sebagai pengobatan alternatif yang alami dan tanpa efek samping tentunya.
Ketahui Juga Manfaat Bawang Putih Untuk Perawatan Wajah, Rambut, Kulit.