Tips Cara Merawat Motor Matic Injeksi

Motor Matic Injeksi Wah...sekarang ini perkembangan dunia otomotif semakin pesat za sobat. Motor sekarang udah ndak pakek karburator lagi sob atau sering disebut Injeksi/ Full Injeksi (FI). Tentunya juga perlu  perawatan yang berbeda dari motor matik yang pakek karburator.
Oke sobat  berikut ini beberapa Tips untuk perawatan motor matik injeksi (FI)  anda agar tetap terjaga dan nyaman saat berkendara :
Cara Merawat Motor Matik Injeksi

1. Panasi mesin sebelum berkendara
Pertama kali yaitu Ada baiknya sebelum berpergian menggunakan matic injeksi anda, panaskan mesinnya kurang lebih 5-10 menit supaya pembakaran matic injeksi menjadi sempurna dan mesin bisa tetap nyaman saat berkendari.

2. Optimasikan kecepatan berkendara (penarikan gas)
Berikutnya pada saat anda mengendarai matic injeksi kesayanganmu, ada baiknya tidak mengegas terlalu cepat karena ini akan mengakibatkan pendeknya usia mesin injeksi matic kamu. Ini yg disampaikan mekanik pada motor matic injeksi

3. Cek keadaan busi dan aki
Yg ini juga perlu anda ketahui sobat, karena kedua komponen ini (busi dan aki )mempunyai peran yang sangat penting. Apabila komponen ini (busi dan aki ) rusak maka harus segera diganti dengan komponen yang orisinil agar tetap awet. Untuk pakek komponen orisinil sobat bisa langsung datang ke bengkel-bengkel resmi motor anda.

4. Gantilah oli secara rutin
Pada umumnya kita ketahui penggantian oli secara rutin akan memberikan solusi pada komponen-komponen lainnya. Lah pada motor matic ada dua tempat untuk diganti oli-nya secara berkala yaitu pada oli mesin dan oli transmisi. Bahasa awamnya oli transmisi yaitu oli gardan sob. Untuk ganti olinya sobat tinggal ngomong aja ama mekanik dibengkel, mereka udah tau jenis-jenis oli untuk motor kita . Untuk perawatan  Biasanya untuk mengganti oli transmisi ini dilakukan secara teratur pada setiap 5.000 km dan oli mesin 1000 km.

5. Periksa kondisi belt dan roller secara rutin
Untuk perawatan ini jangka panjang sob, tp juga tergantung anda berkendara. Kalho tersering dipakek jalan jauh za bakal cepetan abis dah. Tp kalho pemakaianya wajar za cukup lama kok sob ganti pada komponen ini. Karena tak terlihat komponenya anda tak perlu bongkar-bongkar. Cukup anda rasakan apabila udah ada suara yg kurang nyaman didengar entah crit..crit..krit..kret.. atau gimana gitu ?, berarti waktunya ganti belt dan roller pokoknya anda yg berkendara pasti yg leih tahu (kan yg nerasakan.. :-D). Kalau rusak harus segera diganti dengan yang orisinil untuk menjaga ketahanannya. Karena ini yang membuat kenyamanan kamu saat berkendara.

6. Gantilah oli shockbreaker secara rutin
Untuk penggantian oli shockbreaker dilakukan tiap 10.000 km, supaya tidak terjadi dan timbul suara berisik seperti mendecit pada matic kamu sob.

7. Jangan biarkan tangki bahan bakar matic kosong
Lah..untuk yang terakhir ini juga perlu anda ketahui, atau udah dengar dari kata-kata pembicaran orang-orang. Kemarin saya tanya pada pegawai dealernya sih ndak apa-apa dan aku juga sempat baca pada tulisan-tulisan didealer ndak masalah sob. Itu Cuma issu tahun-tahun kemarin, karena emang keluaran Full injeksi pertama kali memang kekuranganya di itu. Tapi sekarang udah aman kok sob, pabrik udah menyesuaikan kebutuhan konsumen. Seperti kata orang” motor injeksi harus di-isi pertamax ndak boleh premium. Lah sekarang udah aman karena pada pembakaran mesin udah disesuaikan pada bahan timbalnya. Lagian sekarang premium juga udah anti timbal kok sob” katanya gitu (dari penjelasan pegawai dealer kemarin). Tapi untuk jaga-jaga biar tak terjadi apa-apa pada motor matik injeksi sobat. Mending jgn sampai kosong dah..karena Apabila kosong, kotoran pada tangki bahan bakarnya akan mudah terserap dan itu akan memperhambat kinerja mesin matic kamu.

Oke sob.. demikianlah beberapa ulasan Cara Perawatan Motor matik injeksi atau Tips untuk perawatan motor matik injeksi (FI) anda. Semoga bermanfaat za sobat..